Pages

C. INSTRUMEN MUSIK KERONCONG

            BIOLA berfungsi sebagai pemegang melodi dan sebagai kontrapunk dari vokal dengan imitasi-imitasinya. Biola berdawai empat, dengan sistem nada: G-D’-A’-E”.



            FLUTE (seruling) termasuk instrumen tiup kayu, yang mempunyai ambitus nada B/C’ sampai dengan C’’’’. Fungsi alat ini adalah sebagai pemegang melodi.



            GITAR termasuk instrument petik dengan fungsi sebagai pengiring, tetapi dapat pula sebagai pembawa melodi. Gitar berdawai enam, dengan sistem nada: E-A-D-G-B-E’.



            UKULELE termasuk instrumen petik yang berfungsi sebagai pemegang ritme. Ukulele berdawai empat dengan sistem nada G”-C”-E”-A” (ukulele sistem A), ada juga yang berdawai tiga dengan sistem nada G”-B”-E” (ukulele sistem E).



            Instrumen BANJO dalam keroncong sering disebut dengan nama CAK atau CAK TENOR. Sama dengan alat ukulele, banjo termasuk keluarga instrumen petik dan berfungsi sebagai pemegang ritme. Alat ini berdawai tiga, dengan sistem nada G”-B”-E” atau G’-B’-E” (banjo sistem E). ada pula banjo sistem nada D”-Fis’-B’ (banjo sistem B).



            CELLO termasuk keluarga instrumen gesek, bentuknya mirrip dnegan biola hanya ukurannya lebih besar. Alat ini berfungsi sebagai pemegang ritmis, berdawai tiga dengan sistem nada C-G-D’, ada pula yang menggunakan sistem D-G-D’.



           BASS atau CONTRABASS juga termauk keluarga instrumen dawai dan mempunyai leher yang lebih besar daripada biola atau cello, dengan bentuk pundak tajam. Bass berfungsi sebagai pengendali ritmis. Berdawai empat dengan sistem nada E-A-D-G. ada pula yang hanya mempergunakan tiga dawai dengan sistem nada A-D-G.


4 komentar:

Unknown mengatakan...

ijin copy ya ka ;;)

Garry mengatakan...

keren blog nya, thanks yaa info/ materinya

Unknown mengatakan...

Kami punya gagasan mau bentuk group kroncong di daerah kami manggarai timur,ms kumpul modal sdkt2,...mdh2an bisa beli ke tempat ini kalau sd px modal

Unknown mengatakan...

Kalau boleh dpt informasi,kira2 satu set alat musik kroncong ini berapa harga???

Posting Komentar